Wednesday, April 4, 2018

8 Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap



Memiliki bau mulut yang tidak sedap, gigi yang berkarang serta gusi yang sering saryawan, menjadikan hidup tak nyaman. Sebenarnya sangat mudah untuk mengatasi permasalah tersebut. Cobalah langkah sederhana ini untuk membuat mulut Anda terasa segar dan bersih.

1. Sikat dan gunakan benang lebih sering.

Plak, penumpukan lengket di gigi Anda, mengumpulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang terperangkap juga menambah masalah.

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali setiap hari, dan gunakan benang setidaknya sekali. Jika Anda khawatir tentang napas Anda, lakukan keduanya sedikit lebih sering.


2. Bilas mulut Anda.

Selain menyegarkan napas Anda, obat kumur menambah perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri. Rasa minty segar dapat membuat Anda merasa baik. Tapi pastikan obat kumur yang Anda pilih membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut. Jangan hanya menutupi baunya. Bilas setiap hari dengan obat kumur yang baik dan hentikan bau mulut pada sumbernya.

Anda juga dapat mberkumur dengan air biasa setelah Anda makan. Hal tersebut dapat menyingkirkan partikel makanan yang terjebak di gigi Anda.

3. Gosok lidah Anda.

Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah Anda dapat menjadi tuan rumah untuk bakteri bau. Untuk menyingkirkannya, sikat lembut lidah Anda dengan sikat gigi.

Jika sikat Anda terlalu besar untuk menjangkau bagian belakang lidah Anda dengan nyaman, cobalah pengikis. "Alat yang dirancang khusus untuk membersihkan seluruh permukaan lidah. "Hal ini menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan sel-sel mati yang menempel di lidah," kata ahli kebersihan Pamela L. Quinones, mantan presiden dari Asosiasi Higienis Gigi Amerika.

4. Hindari makanan yang membuat Anda tidak nyaman.

Bawang merah dan bawang putih adalah jenis makanan terbesar dalam menyumbang bau mulut. Dengan menyikat atau membersihkan mulut setelah Anda memakannya  itu tidak akan membantu.

"Karena bau yang disebabkan oleh beberapa makanan masuk ke aliran darah dan mengalir ke paru-paru, di mana Anda menghirupnya," kata dokter gigi Richard Price, DMD, juru bicara American Dental Association.

Cara terbaik untuk menghentikan masalah? Jangan memakannya, atau setidaknya hindari mereka sebelum Anda bepergian keluar rumah.

5. Tendang kebiasaan mengkonsumsi tembakau.

Selain menyebabkan kanker, merokok dapat merusak gusi, mencemari gigi, dan memberi Anda bau mulut.


6. Lewatkan permen setelah makan malam dan kunyah permen karet sebagai gantinya.

Bakteri di mulut menyukai gula. Mereka menggunakannya untuk membuat asam. Ini membuat gigi Anda melemah dan menyebabkan bau mulut. Sebaiknya kunyah permen karet tanpa gula.

"Permen Karet merangsang saliva, yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut," kata Quinones.

7. Jagalah agar gusi Anda sehat.

Penyakit gusi menyebabkan bau mulut. Bakteri berkumpul di pangkal gigi, yang menciptakan bau.

Jika Anda memiliki penyakit gusi, dokter gigi Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengkhususkan diri dalam mengobatinya.

8. Basahi mulut Anda.

Anda bisa mendapatkan kerusakan gigi dan bau mulut jika Anda tidak membuat air liur yang cukup. Jika mulut Anda kering, minum banyak air akan menjadikan mulut anda lebih lembab.


Jika nafas tetap bau meski semua cara di atas telah anda lakukan, pergilah ke dokter gigi langganan anda. Dokter akan memeriksa apakah masalah bau mulut terkait dengan kondisi medis atau masalah lainnya.

No comments:
Write comments